Merefresh Hati dan Otak dengan berWisata Religi

Hati adalah dzat dalam raga manusia yang butuh di charger. Salah satunya adalah dengan wisata religi. Menikmati keindahan-keindahan dunia yang mampu mengantarkan diri pada kesadaran akan keAgungan Sang Pencipta, ALLAH SWT.

Berikut merupakan beberapa tempat menakjubkan di Indonesia yang mampu merefresh hati dan iman kita:

  1. Masjid Dian Al Mahri (Kubah Emas)

Kita dapat menemukan tempat penyejuk hati diantara keriuhan Metropolitan dengan mengunjungi kompleks masjid Kubah Emas, yang terletak di Sawangan, Depok.

Masjid yang bernama Dian  Al Mahri ini populer dengan sebutan masjid Kubah Emas karena Bangunan Kubah dan beberapa ornamennya berlapis Emas Asli. Masjid ini memiliki satu kubah besar (Kubah utama yang menyerupai Taj Mahal) dan 4 kubah kecil yang berlapis emas setebal 2-3 milimeter. Ke lima kubah tersebut melambangkan rukus Islam, yang semuanya terbalut mozaik berlapis emas 24 karat.

Kubah Emas berlapis Emas 24 Karat      

Menara Masjid Kubah Emas, simbol Rukun Islam

Beberapa ornamen masjid ini di import dari Italia dan Turki. Diantaranya seperti: Lima kubah berlapis emas 24 karat, marmer pilar-pilar pada interior masjid yang dominan berwarna monokrom, dan beberapa bangunan lainnya. Pada halaman masjid terdapat enam menara setinggi 40 meter berbentuk segienam yang melambangkan rukun iman. Secara keseluruhan baik di dalam masjid maupun halaman masjid dapat menampung jamaah sebanyak 20.000 jamaah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kawasan masjid ini disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Halaman Masjid Dian Al Mahri

  1. Masjid Besar Jakarta, Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di pusat Ibukota, Masjid ini bersebelahan dengan kawasan yang menjadi icon utama Ibukota Jakarta yaitu Monas (Monumen Nasional). Masjid ini mungkin menjadi masjid yang familiar bagi banyak masyarakat Indonesia, karena banyak acara-acara keagamaan yang diliput langsung oleh Stasiun TV Nasional didalam masjid ini, seperti saat Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan berbagai kegiatan Islam Lainnya.

Masjid Istiqlal dari luar

Masjid ini berdindingkan dan berlantaikan marmer, dihiasi ornamen dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

Masjid istiqlal dari dalam (tiang-tiang masjid)

Kubah masjid Istiqlal dari dalam

  1. Masjid Islamic Center, Samarinda

Masjid Islamic Center merupakan masjid yang terletak di tepian Sungai Mahakam, menjadi terlihat megah dengan didukung menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Menara kubah Masjid ini sebanyak 7 menara. Menara utama memiliki tinggi 99 meter yang melambangkan Asmaulhusna. 99 meter tersebut teridiri dari 15 lantai yang masing-masing lantai memiliki rata-rata ketinggian 6 meter. Untuk memasuki halaman utama masjid ini pengunjung harus melalui anak tangga dari lantai dasar, anak tangga tersebut berjumlah 33 anak tangga yang melambangkan jumlah bacaan Tasbih.

Masjid dan Sungai Mahakam

Halaman Masjid Islamic Center

Masjid ini menampakkan keindahannya tidak hanya pada siang hari, pada malam hari pun gemerlap lampu yang terpancar dari masjid ini mampu menyuguhkan kemegahan yang menakjubkan.

Kemegahan bangunan masjid pada malam hari

  1. Masjid Agung Provinsi Jawa Tengah

Masjid Agung Provinsi Jawa Tengah berlokasi di Kota Semarang, yang menjadi Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Masjid ini dibangun dengan campuran gaya arsitektur yaitu Jawa, Islam dan Romawi. Kita dapat merasakan ke khasan bangunan Jawa saat memasuki bangunan utama Masjid (tempat sholat) yang memiliki atap berbentuk limas. Dalam bangunan utama masjid juga dapat kita jumpai kubah besar dengan diameter 20 meter dan 4 buah menara dengan ketinggian 62 meter. Selain itu di dalam kompleks kawasan masjid ini dapat pula kita jumpai 1 buah menara terpisah dengan ketinggian 99 meter yang diberi nama dengan Menara Al Husna atau Al Husna Tower. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang.

Bangunan masjid dari luar

Halaman Masjid Agung Jawa Tengah

            Bangunan dalam Masjid Agung Jawa Tengah

Menara Masjid Agung Jawa Tengah

Menikmati kota Semarang dari Teropong

  1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Keindahan arsitektur bangunan masjid Raya Baiturrahman mampu membius pengunjungnya, apalagi jika baru pertama kali menginjakkan kaki (dan sholat) di masjid ini. Seperti mampu memberikan keintiman yang luarbiasa menenangkan saat bersimpuh di masjid ini. Masjid ini merupakan bangunan satu-satunya yang masih utuh saat terjadi Tsunami di Aceh pada tahun 2004, sehingga pasca terjadi Tsunami masjid ini dijadikan basecamp dan pusat pengungsian bagi warga yang selamat dari bencana.

Gambar masjid saat terjadi Tsunami

Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara dan 1 menara induk. di dalamnya terdapat sebuah kolam, menara induk dan bagian halaman lainya ditumbuhi rumput yang ditata dengan rapi dan indah diselingi tanaman/pohon hias. luas ruangan dalam Masjid menjadi 4.760 m2 berlantai marmer buatan Italia, jenis secara dengan ukuran 60 × 120 cm dan dapat menampug 9.000 jamaah.

interior masjid

Masjid Bairurrahman malam hari

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.