Beda Hijab, Khimar, Niqab, Cadar dan Burkha

Penyebutan Hijab, Jilbab, Khimar, Niqab, Cadar dan Burkha seringkali terbolak balik, dan penerjemahan kata oleh masing-masing orang pun berbeda beda. Disini akan kita bahas mengenai makna dari definisi kata tersebut yang secara umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Hijab

Hijab merupakan istilah umum yang sering digunakan dalam busana muslimah. Hijab berarti penutup, namun penggunaan kata oleh masyarakat Indonesia biasa disamakan dengan istilah jilbab. Jilbab itu sendiri adalah kain yang menutup kepala, leher dan dada (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia). Pada beberapa kondisi oleh sebagian orang istilah jilbab juga sering diganti dengan kerudung. Sehingga secara tidak langsung jilbab sama dengan kerudung.

contoh jilbabcontoh jilbab
contoh jilbab

Oleh beberapa orang istilah kerudung juga di artikan yang berbeda, yaitu kain panjang yang menempel pada bagian kepala, dengan masih memperlihatkan sebagian rambut bagian depan.

 contoh kerudung
contoh kerudung

Khimar

Khimar mirip dengan jilbab, merupakan kain lebar dan panjang yang menutupi kepala, leher sampai ke dada namun tetap memperlihatkan bagian wajah. Yang membedakan dengan jilbab adalah ukurannya yang lebih besar (panjang dan lebar) hingga umumnya sampai kepergelangan tangan dan panggul (atau bahkan dibawah panggul).

contoh khimar
contoh khimar

Niqab

Niqab merupakan sebutan untuk kain penutup wajah bagi muslimah yang berjilbab. Niqab sering disebut juga sebagai cadar. Definisi Cadar menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah kain penutup kepala yang hampir menutupi seluruh bagian wajah kecuali mata. Niqab/ Cadar sudah semakin banyak digunakan oleh muslimah Indonesia dari tahun ke tahun, sehingga sudah banyak bisa kita jumpai muslimah dengan menggunakan cadar ditempat-tempat umum, padahal cadar sendiri dulunya identik dengan perempuan Arab.

Chador

Berbeda dengan definisi Cadar di Indonesia, Chador sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk kain berwarna hitam berbentuk jubah lebar yang digunakan untuk menutupi seluruh tubuh. Chador lebih banyak digunakan di Negara Timur Tengah seperti Iran.

contoh chador
contoh chador

Burkha

Burkha adalah kain yang menutupi seluruh tubuh wanita, hingga pada bagian mata. Burkha biasanya merupakan Niqab yang dilengkapi dengan jaring jaring pada mata dan berwarna gelap. Kain berbentuk jaring-jaring tersebut berfungsi untuk melihat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.