HARGA TES TORCH di BERBAGAI LAB

Tulisan ini kami tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Apabila terdapat perbedaan yang dialami oleh pihak lain itu sangat mungkin terjadi.

Tulisan sebelumnya saya bercerita tentang pengalaman suntik tapros, hingga akhirnya saya positif hamil dan dinyataan BO (Blighted Ovum). Kemudian positif hamil lagi dan dinyatakan meninggal dalam kandungan usia 25 minggu (Stillbirth) hingga akhirnya dokter menyarankan untuk test TORCH. namun, pada tulisan kali ini saya hanya akan membahas tentang pengalaman saya mengenai test TORCH. untuk pegalaman 2 kehamilan saya pasca suntik tapros akan saya share juga di tulisan selanjutnya.

Juli 2020

Bulan Juli 2020 Saya dianjurkan oleh dokter untuk tes TORCH karena meninggalnya Bayi saya dalam kandungan di usia 25 minggu. Diduga penyebab utamanya adalah virus. Saat itu karena kondisi saya masih dalam pemulihan secara lahir dan batin, saya masih merasa belum mau untuk langsung melakukan tes. Selain karena proses kehilangan yang cukup mengagetkan dan menyita energi, juga karena biaya yang dibutuhkan tergolong tidak murah bagi kami.

September 2020

Akhirnya pada bulan September 2020 kami merasa siap untuk melakukan tes, kami mencari berbagai info terkait tes TORCH tentang apa saja yang di tes, yang dibutuhkan dan berapa biaya nya. TORCH itu sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Toxoplasma, Other (HIV dll), Rubella, CMV (Cytomegalovirus) dan Herpes. Sedangkan untuk kasus ini, dokter kandungan saya hanya merekomendasikan saya untuk melakukan 3 jenis tes yaitu Toxoplasma, CMV dan Rubella.

Tiga jenis itu mencakup 7 item yang perlu di tes, diantaranya :

  1. IgM Anti Toxoplasma,
  2. IgG Anti Toxoplasma,
  3. IgM Anti CMV,
  4. IgG Anti CMV,
  5. IgM Anti Rubella,
  6. IgG Anti Rubella, dan
  7. Aviditas Toxoplasma

Sehingga dalam melakukan survey harga ke beberapa klinik laboratorium kami fokus menanyakan 7 item tersebut

Perbandingan harga tes TORCH bulan September 2020 antara lain:

  • Laboratorium Karya Medika Slawi : 1.960.000
  • Laboratorium PRODIA Tegal        : 3.151.000
    • Ada promo jika mempunyai kartu BPJS memperoleh diskon 10 % menjadi Rp 2.835.900
  • Laboratorium PRAMITA Tegal : 3.106.000
    • Terdapat promo ultah di Bulan September sebesar 30% menjadi 2.174.000. Namun untuk tes Pramita ini apabila IgG Anti Toxoplasma negative maka tidak perlu dilakukan tes Aviditas Toxoplasma, sehingga biaya tes Aviditas akan dikembalikan. Namun jika positif biaya tetap segitu.
  • Laboratorium CITO : 2.100.000
    • Terdapat promo diskon 20% setiap tanggal 9 & 10 setiap bulannya, sehingga harga menjadi 1.680.000.

Ada 2 pilihan jenis tes di laboratorium CITO. Apabila kita memilih 6 item tes IgG dan IgM Toxoplasma, CMV dan Rubella ditambah 1 Aviditas maka harganya 2.300.000, dengan keuntungan apabila IgG Anti Toxoplasma negatif maka tidak dilakukan tes Aviditas, atau biaya total menjadi 1.900.000 belum termasuk diskon.

Atau jika kita memilih gabungan antara IgG Anti Toxoplasma dan Aviditas Toxoplasma dalam satu paket maka harga total 2.100.000 belum termasuk diskon, namun dengan konsekuensi apabila IgG Anti Toxoplasma Negatif biaya tidak dikembalikan meskipun tidak dilakukan tes aviditas Toxoplasma.

Perbandingan Harga Tes TORCH (7 item) di beberapa Lab

Disini saya memilih opsi yang kedua. Berdasarkan perbandingan harga di 4 laboratorium tersebut saya memilih tes di CITO karena harga lebih terjangkau dan hasil nya sudah menerangkan titer/ angka postif/ negative nya. Sekian sharing dari Saya semoga bermanfaat. ^^

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.