Pengalaman injeksi Leuprorelin acetate (TAPROS)

Suntik Tapros pasca operasi Endometriosis

4 Desember 2018

saya melakukan operasi laparotomy Endometriosis. Kantong kista kemudian dilakukan tes patologi (PA). Hasil PA digunakan oleh dokter sebagai acuan untuk tindakan berikutnya. Setelah dokter membaca hasil PA saya, akhirnya dokter memutuskan untuk Saya melakukan suntik Tapros 4 kali dalam 4 bulan.  Tapros adalah obat yang mengandung Leuprorelin acetate yang berfungsi untuk menurunkan produksi hormone estrogen pada wanita. Pemberian Injeksi Tapros pasca operasi pengangkatan kista bertujuan agar kista tidak muncul lagi pasca operasi karena hormone estrogen di tekan.

20 Desember 2018

Saya menstruasi pertama kali pasca operasi. Rasa nyeri haid yang biasanya saya rasakan kali ini tidak ada, haid serasa biasa saja. Darah bersih di tanggal 26 Desember. Lebih cepat selesai dari biasanya yang sampai hampir 10 hari baru bersih darah haidnya.

27 Desember 2018

Tampilan obat Tapros

Saya pertama kali suntik Tapros. Dokter hanya bilang bahwa ini nanti efeknya siklus menstruasi berantakan, dan bahkan tidak akan menstruasi. Beberapa setelah injeksi wajah saya jerawatan (yang biasanya tidak pernah jerawatan), dan badan pegal pegal seperti saat akan menstruasi. Tanggal 11 Januari Saya menstruasi, sebenarnya sempat sedkiti stress karena pertama, jadwal menstruasi sekitar tanggal 20-24 setiap bulannya. Kedua, karena menurut dokter pasca suntik harusnya tidak menstruasi. Tanggal 20 pagi darah sudah berhenti keluar.

21 Januari 2019

Saya injeksi Tapros yang ke-dua. Menurut dokter menstruasi saya sangat maju itu normal karena efek injeksi tapros, hormone tidak seimbang dan menstruasi tidak beraturan. Sorenya ternyata darah masih keluar (walaupun sangat sedikit). Dan ternyata darah tetap keluar sampai hari ke 21, tepatnya tanggal 31 Januari 2019. Saya sempat kepikiran lagi, aduh ini kenapa dengan tubuh Saya. Keluar darah selama ini, dan darah yang keluar adalah darah segar walaupun Cuma sekitar 2-3 tetes dalam sehari.

Februari 2019

Saya tidak menstruasi sama sekali. Tanggal 28 Februari suntik Tapros yang ke-3. Alhamdulillah berjalan dengan lancer. Hanya saja pasca suntik nyeri sendi terasa lebih parah, tulang berasa dipatah-patah (agak lebay sih tapi beneran sakit semua ni badan rasanya) dan berkeringat hampir sepanjang hari (pagi-siang-malam). Jauh lebih parah daripada saat pasca suntik pertama dan kedua. Akhir Maret nanti adalah jadwal injeksi terakhir. Semoga semua berjalan dengan lancer. Buat teman teman yang juga sedang berjuang dengan injeksi hormone, satu kata buat kalian: SEMANGAT! Bismillah semoga dimudahkan semuanya untuk ikhtiar kesembuhan dan insyaALLAH promilnya.

baca juga :

Mungkin Anda juga menyukai

7 Respon

  1. Winky berkata:

    Hii bun gimana kabar nya apakah skrg sudah haid ?

    Akupun paska laparotomi dan tapros ke3 kmrn tanggal 8 mei, skrg lg nunggu haid

  2. Afni Andini berkata:

    Kak, boleh saya minta alamat email atau no wa? Sy juga Penderita endometriosis dan sudah 6 bulan tidak haid karena tapros. Sy pengen sharing… đŸ˜‡

  3. Renny fitriana berkata:

    Haiii..mba..saya juga pasca laparotomi endometriosis..baru bbrp hari lalu suntik tapros yg ke-3..
    Sama kita mba efek yg dirasain setelah suntik tapros badan pegal2,keringatan dan mudah lelah..tp saya diberi vitamin seperti kalsium dr dokter nya..dan bulan depan saya lanjut suntik ke-4..

  4. Endang berkata:

    Mba,, saya laparotomi di 12 Juni – 25 Juni tapros 1,, haid pertama habis laparotomi di 8 Juli – 25 Juli tapros 2 tapi kok setelah tapros kedua saya masih haid ya hari ini 8 Agustus..
    Pdhl kt dokter tidak haid kemungkinan di tapros kedua dan ketiga..
    Kira2 kondisinya normal gak ya mb??

  1. 30/07/2019

    […] cerita yang sudah saya tulisankan sebelumnya, tentang kapan saya melakukan tindakan laparostomi dan bagaimana prosesnya. Disini saya akan bercerita tentang banyak hal yang saya alami […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.