Perbedaan Logam Mulia ANTAM dan Logam Mulia SEMAR

Bentuk LM ANTAM- LM SEMAR

Logam Mulia ANTAM pada bagian atas batangan terdapat logo khas dari ANTAM yang bertuliskan huruf LM dalan segi lima. Kemudian bagian tengah tertera besaran berat LM. Tulisan yang tertera dalam emas batangan ini jelas terbaca meskipun dalam ukuran terkecil sekalipun.

Gambar Logam Mulia ANTAM 2 gram.
Gambar Logam Mulia ANTAM 2 gram.

                Logam Mulia SEMAR Nusantara pada bagian logo dan tulisan memanjang, dengan urutan dengan urutan dari atas ke bawah : logo- SEMAR GOLD – berat LM. Jika dibandingan dengan LM ANTAM, tulisan pada LM SEMAR lebih samar, apalagi pada batangan dengan berat  kecil.

Gambar Logam Mulia SEMAR 10 gram
Gambar Logam Mulia SEMAR 10 gram

Cara memperolehnya

LM Semar biasanya hanya bisa didapatkan di Toko Emas Semar Nusantara. LM Antam dapat didapatkan di gerai PT. ANTAM, Toko Emas Semar Nusantara, Pegadaian maupun tempat/ toko jual beli Emas batangan lainnya.

Harga Beli

Pada umumnya harga beli LM Antam lebih tinggi bila dibandingkan dengan LM Semar.

Misalkan pada minggu kedua bulan Juli 2019 harga LM Semar 1 gram seharga Rp. 645.000,- (bisa di cek di www. http://semar.co.id/). Sedangkan untuk LM ANTAM 1 gram seharga Rp.706.000,- (bisa dilihat di http://www.antam.com/ ). Update harga LM sendiri bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti harga emas dunia, dan bisa dilihat di web masing- masing, atau di beberapa web lainnya seperti www.logammulia.com , harga-emas.org , dan lain sebagainya.

Selisih harga Beli-harga Jual kembali

Selisih antara harga beli dan harga jual lebih rendah LM Semar Nusantara dari pada LM ANTAM.

Misal pada bulan Juli 2019 harga beli LM Antam 1 gram adalah Rp. 706.000 dan harga jual adalah Rp. 630.500. Selisih harga jual dan harga beli bisa mencapai Rp. 65.500/ gram nya.

Sedangkan harga untuk LM Semar Nusantara (masih di waktu yang sama) dengan berat 1 gram adalah Rp. 645.000 dan harga jual Rp. 640.000. Selisih antara harga jual dan harga beli hanya berkisar diangka Rp. 5.000.

Sertifikat dan nota

Apabila kita membeli LM Antam di Toko emas Semar Nusantara, sertitikat Logam Mulia tetap dari PT.ANTAM karena merupakan bawaan/ satu kesatuan dengan emas batangannya, sedangkan nota pembelian dari toko tempat kita beli/ nota Semar Nusantara.

Sertifikat LM ANTAM
Sertifikat LM ANTAM

Sertifikat LM SEMAR Nusantara

Tips dan trik  investasi Logam Mulia

  1. Untuk investasi jangka pendek pilih LM Semar karena melihat selisih harga jual dan harga belinya lebih rendah
  2. Untuk memudahkan proses penjualan kembali pilih LM ANTAM karena banyak tempat (geray maupun toko emas) yang menerima LM ANTAM.
  3. Semakin besar jumlah gram (berat LM) saat pembelian maka keuntungan akan semakin tinggi, karena harga beli LM semakin berat akan semakin murah harga pergramnya ,namun harga jual tetap dikalikan dengan harga pergram diwaktu penjualan.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Quinn berkata:

    Bang, kalo diliat dari selisih harga jual dan beli kan lbh nguntungin semar ya. Trs harga per gram ny jg lbh murah. Menggiurkan bnget klo mau mlai investasi ni, tp masih ragu mau ambil semar karena pada praktekny mskipun semar menggiurkan gt, nyatanya pada lbh milih antam.
    Pencerahanny dong bang tolong.. Kenapa dg segala keuntungan td, orang ttep ambil antam
    Terimakasih sblumnya 🙏🙏

    • Lelampah berkata:

      Karena Antam milik BUMN bang,jadi secara kepercayaan masyarakat lebih tinggi. Misal swasta kolaps kan beda dampak nya sama milik negara. Salah satunya itu. Faktor lain karena toko semar nggak ada di banyak kota bang, sedangkan antam bisa dijual ke seluruh indonesia.

  1. 03/10/2020

    […] jual dan harga beli ANTAM juga lebih tinggi, dan pembahasan ini sudah ada ditulisan saya sebelumnya (baca disini). Untuk detail harga bisa dilihat di web […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.