Pertanyaan Populer Seputar Logam Mulia / Emas Batangan

Tulisan ini Saya rangkum berdasarkan sedikit pengalaman Saya seputar Logam Mulia, Jadi apabila ada hal yang keliru atau kurang tepat mohon koreksinya.

Apa beda emas batangan/ Logam Mulia dan Emas perhiasan???

1.Emas perhiasan adalah emas yang sudah sering kita lihat yaitu emas yang diolah dan digunakan untuk perhiasan seperti kalung, cincin, gelang. Dapat dipakai dan digunakan. Sedangkan emas batangan atau yang sering disebut dengan logam mulia adalah emas murni yang berbentuk batangan, dan tidak dapat digunakan atau dipakai, hanya untuk disimpan.

2.Emas perhiasan kenaikannya cenderung lebih rendah apabila akan kita jual kembali. Dan jika jarak waktu pembelian dan penjualan tidak terlalu jauh kita akan cenderung rugi karena akan mendapat potongan harga.

Belum lagi jika ada kerusakan di emas perhiasan kita. Sedangkan harga emas batangan/ logam mulia cenderung terus naik dan kenaikannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas perhiasan. Standar harga mengikuti harga emas dunia. Secara umum investasi emas batangan lebih menguntungkan daripada membeli emas perhiasan

Keuntungan berinvestasi LM (Logam Mulia)?

Berinvestasi Logam mulia sebenarnya adalah upaya kita mengamankan harta dari inflasi. Semakin lama kita menyimpan LM maka akan semakin besar pula keuntungan kita. Karena terbukti harga emas selalu naik dan tidak mengalami penurunan nilai, Bahkan sejak ribuan tahun yang lalu.

Logam mulia itu sendiri bahan utama dan dasarnya adalah emas. Produk emas lainnya selain logam mulia adalah dinar (namun pada tulisan kali ini kita akan fokus membahas logam mulia).

Bisa kita ambil contoh. Pada jaman Rasullullah SAW. harga 1 kambing sekitar 1 dinar atau setara dengan ±4,25 gram emas. Dan harga 4,25 gram emas saat ini (September 2020) sekitar 4juta rupiah dan bisa digunakan untuk membeli kambing ukuran besar (bisa jadi uangnya sisa). Jadi harga emas sekarang dan ribuan tahun yang lalu bisa digunakan untuk membeli barang yang sama/ sejenis.

Dengan kata lain nilai emas stabil meskipun jaman telah berubah selama ribuan tahun berselang.

Coba kita bandingkan saat tahun 1990 an atau kurang. Saat itu uang 50 rupiah bisa digunakan untuk membeli es dan cilok (jaman mimin SD), Dan tahun 2020 ini es dan cilok seharga 5000 rupiah. Bahkan uang 50 rupiah saat ini tidak berlaku dan sudah tidak ada. Itu yang dinamakan inflasi apabila kita menyimpan harta dalam bentuk uang rupiah dalam waktu lama.

Sebenarnya bukan hanya rupiah, Namun mata uang lainnya juga mengalami inflasi. Dan terbukti emas lah yang mampu bertahan dari inflasi. Sehingga menyimpan harta dalam bentuk Logam Mulia menjadi hal yang sangat direkomendasikan.

Kapan sebaiknya Saya memulai investasi LM?

Sebenarnya jawaban simplenya adalah kapanpun saat kamu merasa memiliki uang/ harta yang cukup untuk membeli LM. Namun menurut saya, sebelum kamu memutuskan untuk investasi LM sebaiknya kamu tentukan dulu tujuan dari investasi LM itu sendiri.

Misalkan untuk mendaftar haji, untuk membeli rumah, atau untuk membeli tanah, pendidikan anak dll. Sehingga ditengah jalan kamu tidak akan tergoda untuk menjual dengan mudah LM yang kamu miliki meski harga sedang tinggi. Kamu hanya akan menjual LM saat nilainya sudah bisa digunakan sesuai hajat/ tujuan awal investasi.

Jadi jawaban lebih panjanganya kapan sebaiknya memulai investasi LM? Saat kita memiliki hajat dalam jangka waktu tertentu.

Daripada nabung dalam bentuk rupiah yang nilainya turun mendingan disimpan dalam bentuk LM.

Sebagai contoh:

Kami punya hajat untuk memiliki rumah. Kami bisa mulai menabung LM 5 gram/ bulan sejak tahun 2015 dimana harga per gram nya saat itu dimulai dari 500ribu/gram, jadi menyisihkan sekitar 2,5 juta per bulan. 5 gram x 12 bulan x 5 tahun = 300 gram.

Pada tahun 2020 emas itu dijual dengan harga 1juta/ gram sehingga harga jualnya sekitar 300 juta rupiah dan bisa untuk membeli rumah.

Coba kalau pada tahun 2015 kita simpan dalam bentuk rupiah di bank, uang kita tidak akan mengalami peningkatan. Dan belum tentu tahun 2020 bisa digunakan untuk membeli rumah. Anggap saja per bulan menyisihkan tabungan 2.500.000 x 12 bulan x 5 tahun = 150 juta .

Jadi bisa kebayang kan keuntungan dari menyimpan emas logam mulia.

Investasi Logam Mulia termasuk Investasi Jangka Panjang atau Jangka Pendek?

Investasi Logam Mulia termasuk investasi jangka panjang karena ada selisih harga antara harga beli dan harga jual (buyback).

Sehingga apabila kita membeli hari ini dan dijual kembali bulan depan bisa jadi kita malah rugi. Karena harga buyback oleh toko belum mencapai harga saat kita membelinya.

Apa saja jenis-jenis Logam Mulia?

Ada Logam Mulia ANTAM (yang dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang Indonesia), Logam Mulia EOA ( Emas Optimasi Abadi), Logam Mulia Semar ( yang dikeluarkan oleh Toko Emas Semar Nusantara), Logam Mulia Galery 24 (yang dikeluarkan oleh PT. Pegadaian), Logam Mulia UBS, Logam Mulia Lotus, Logam Mulia Minigold, dan lain sebagainya.

Yang sekarang sedang nge-hits atau banyak dijual oleh banyak orang adalah LM minigold, EOA dan Antam. Apa perbedaan dari ketiganya?

            Perusahaan pemasaran

Sama-sama merupakan emas batangan 24 karat senilai 99% kemurniannya. Hanya saja beda perusahaan pemasaran. Di Indonesia yang memproduksi emas adalah PT. Aneka Tambang. Sedangkan untuk pemasaran logam mulia ada banyak perusahaan swasta.

Jadi logam mulia Antam itu dipasarkan oleh PT. Aneka Tambang dibawah BUMN. Sedangkan LM EOA, minigold, ubs, semar dan sebagainya dipasarkan oleh perusahaan swasta

            Harga

Masing-masing perusahaan pemasaran memiliki standart harga beli dan harga jual sendiri. Namun secara keseluruhan logam mulia ANTAM cenderung memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan yang lainnya.

Selisih harga jual dan harga beli ANTAM juga lebih tinggi, dan pembahasan ini sudah ada ditulisan saya sebelumnya (baca disini). Untuk detail harga bisa dilihat di web masing-masing.

Bagaimana cara memperoleh Emas LM?

Untuk Logam Mulia ANTAM tergolong paling mudah didapatkan, karena PT. ANTAM sendiri memiliki butik ANTAM resmi dibeberapa kota besar.

Diantaranya : Butik Pulogadung (pabrik), Jakarta 1 (Gedung ANTAM Simatupang), Jakarta 2 (Menara Ravindo, Jakarta 3 ( Mall Ambasador), Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya 1 ( Gedung Medan Pemuda), Surabaya 2 ( Mall CITO), Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Palembang, Makasar dan Bali.

Belum lagi toko – toko emas yang menyediakan logam mulia rata-rata yang dijual adalah logam mulia ANTAM. Misalnya kamu bisa membeli Logam Mulia ANTAM di toko emas Semar Nusantara. Bisa juga membeli di Pegadaian yang tersebar diberbagai kota di Indonesia.

Tersedianya LM Antam ditoko-toko emas atau butik LM diberbagai kota menjadi sebab kenapa LM ANTAM memiliki daya Tarik yang tinggi di masyarakat.

Untuk LM EOA dan LM Minigold kamu bisa memperoleh di reseller- reseller yang ada di banyak kota. Kedua jenis LM ini setau saya masih banyak dijual perorangan melalui reseller maupun distributor/ Agen.

Sedangkan untuk LM UBS, Lotus dan Galery 24 bisa kamu dapatkan di kantor pegadaian. Ada pula beberapa toko emas lokal yang menyediakan LM jenis ini, namun tidak bisa dipastikan semua kota ada.

Bagaimana cara menjual LM EOA, minigold, semar, UBS dan Antam?

Menurut info dari salah seorang teman bahwa Pegadaian mau menerima semua jenis logam mulia diatas. Namun jelas kita mau tidak mau harus mengikuti harga buyback yang di tentukan oleh Pegadaian. Jika mau memperoleh harga yang cenderung lebih tinggi maka kamu bisa menjualnya ditoko tempat dimana kamu pernah membeli.

Untuk LM EOA dan LM minigold bisa dijual ke reseller maupun distributor/ agen terdekat. Sedangkan untuk LM Semar bisa dijual ke toko emas Semar Nusantara yang tersebar dibeberapa kota.

Sedangkan untuk LM ANTAM bisa dijual ke butik Antam maupun di toko emas lainnya. Jika LM ANTAM dijual dibutik Antam maka harga buyback sesuai dengan yang tertera di website. Dimana fluktuasi nilainya bisa kita pantau setiap saat (jika ingin menentukan kapan waktu menjual terbaik saat harga buyback tinggi).

Apabila kita membeli LM Antam di toko emas seperti Semar Nusantara ataupun Pegadaian, kita bisa menjualnya di butik Antam resmi, karena buyback di butik Antam tidak perlu menggunakan nota pembelian.

Namun jika kita menjual LM Antam di toko emas seperti Semar Nusantara maupun Pegadaian harus menggunakan nota pembelian. Apabila kita tidak memiliki nota ataupun nota kita dari toko lain maka LM kita akan dihargai lebih rendah/ murah.

Pilih mana antara nabung dulu agar bisa beli LM gramasi ukuran besar atau beli kecil-kecil?

Semakin besar kita membeli logam mulia dalam gramasi besar maka harga per gramnya jadi lebih murah. Sehingga apabila ada uang yang cukup saat akan membeli LM lebih baik membeli dalam gramasi yang besar sekalian.

Sebagai contoh, lebih baik membeli 1 keping sebesar 5 gram daripada 5 keping 1 gram an. Karena dengan membeli 1 keping 5 gram akan lebih murah daripada 5 keping 1 gram an

Contoh perbandingan harga per gram yang lebih murah semakin besar nilai gramasi logam mulia.

Berikut adalah contoh harga LM Antam di toko emas per tanggal 28 September 2020. Jika kita membeli 1 keping LM 5 gram harganya Rp. 4.895.000,-. Sedangkan jika kita membeli 1 gram sebanyak 5 keping maka kita akan membayar Rp. 1.060.000 x 5 keping = Rp.5.300.000,-

Namun jika kita memiliki uang sedikit, lebih baik langsung dibelikan LM seharga nominal uang kita.

Karena jika kita menunggu uang terkumpul dalam jumlah banyak (baru akan kita belikan) bisa jadi saat uang kita cukup (menurut perhitungan kita) namun harga LM juga sudah naik, sehingga uang kita tetap tidak akan bisa kita belikan LM dalam gramasi besar.

Contoh: saat ini kita memiliki uang Rp.1.100.000 lebih baik langsung kita belikan LM 1 gram daripada kita tunggu bulan depan dengan harapan bisa membeli LM 2 gram dengan harga yang lebih murah (Rp. 1.999.0000) padahal bulan depan bisa jadi harga LM 2 gram naik menjadi lebih dari Rp. 2.300.000.

Kemungkinan malah uang kita tetap tidak cukup untuk membeli LM, karena kita tidak pernah tau dengan pasti harga emas bulan depan seperti apa.

Jadi segera belikan Logam Mulia sekarang juga saat ada uang, dan besar kecilnya gramasi disesuaikan dengan jumlah uang yang kita miliki saat ini.

Misalkan kita beli LM hari ini, lalu kita jual 3 tahun lagi, LM kita akan dibayar dengan harga saat pembelian atau saat harga penjualan?

Logam Mulia kita akan dihargai dengan harga saat kita jual ke toko emas, yang disebut dengan Buyback.

Apa itu buyback?

Buyback artinya adalah saat kita melakukan penjualan kembali emas ke toko emas.

Masing-masing toko emas memiliki standart buyback sendiri. Misalkan sama sama LM ANTAM akan kita jual ke butik resmi ANTAM dan di toko emas Semar Nusantara, maka bisa jadi harga buyback nya berbeda karena masing- masing mereka memiliki standart buyback sendiri.

Walaupun berbeda harga nya namun fluktuasi nya (naik-turunnya) tetap mengikuti harga emas dunia.

Misalkan kita ambil contoh apabila kita membeli LM Antam pagi ini (per tanggal 28 September 2020) dengan harga Rp.1.006.000 (bedasarkan harga pabrik Antam), kemudian kita jual sore harinya maka akan dihargai sebesar Rp.894.000,-. Sehingga kita akan mengalami kerugian sebesar Rp. 166.000.

Namun perlu diketahui bahwa harga Buyback itu dihitung per gram. Maksudnya adalah jika kita hari ini menjual 1 gram LM akan dihargai 894ribu. Sedangkan jika kita akan menjual 5 gram LM maka dibayar dengan harga 894ribu x 5 gram = Rp. 4.470.000.

Jadi semakin besar kita membeli LM dalam gramasi yang lebih besar maka akan semakin besar pula keuntungan kita.

Karena saat kita membeli semakin besar gramasi maka kita akan memperoleh harga LM per gram yang lebih murah. Namun saat kita menjual akan dihargai sama sejumlah gramasi LM kita.

Misal : Beli 1 gram 5 keping >>> 1.060.000 x 5 = 5.300.000

             Beli 5 gram 1 keping >>> 4.895.000

             Jual 1 gram 5 keping >>> 894.000 x 5 = 4.470.000

             Jual 5 gram 1 keping >>> 894.000 x 5 = 4.470.000

Jadi harga beli lebih murah dalam gramasi besar, namun harga jual (buyback) sama.

Jarak waktu berapa lama kira-kira kita sudah bisa untung saat memutuskan investasi LM?

Sebenarnya kita tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kita sudah bisa memperoleh keuntungan dari investasi logam mulia. Itu karena nilainya yang fluktuatif dan besarnya kenaikan harga tidak bisa dipastikan.

Namun jika melihat grafik pergerakan harga logam mulia 1-2 tahun ini yang sangat tajam peningkatannya, penyimpanan logam mulia 1-2 tahun saja kita sudah memperoleh keuntungan yang cukup besar. Sekali lagi kita tidak dapat memprediksi harga LM 1-2 tahun kedepan. Investasi LM memang lebih baik untuk jangka panjang, sehingga semakin lama akan semakin besar keuntungan.

Misalkan kita tiba-tiba butuh uang tidak lama setelah kita membeli LM, bagaimana cara agar kita tidak terlalu rugi?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh beberapa teman kepada saya. Dan jawaban saya adalah jual LM ke teman sendiri, sehingga LM kita akan dihargai lebih tinggi daripada harga buyback toko emas.

Jual LM ke teman/ perorangan ini sama-sama meguntungkan kedua belah pihak, karena sipenjual LM nya akan dihargai lebih tinggi daripada harga buyback toko emas.

Sedangkan sipembeli akan memperoleh LM dengan harga yang lebih rendah dari harga beli di toko emas. Itu semua tergantung kesepakatan dan bisa saling tawar menawar hingga mencapai kesepakatan harga yang saling menguntungkan.

Harga Beli dan harga Jual LM naik turunnya berdasarkan apa?

Naik-turunnya harga Logam Mulia berbagai merk mengacu pada naik-turunnya harga yang dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang yang bisa dilihat di website nya. Namun kembali lagi masing-masing merk tergantung dari toko emas memainkan harga.

Misalkan PT. Aneka tambang hari ini harga per gram LM turun sebesar Rp.5.000. Toko A ikut menurunkan harga LM nya dari gramasi kecil sampe besar. Sedangkan toko B tetap untuk LM ukuran 1 gram dan hanya menurunkan harga dihari itu digramasi diatas 2 gram, dan lain sebagainya.

Untuk update harga LM di PT.Aneka Tambang itu sendiri mengikuti update harga emas dunia, sehingga kadang bisa 2 kali atau lebih dalam update harga. Namun  rata-rata sehari sekali, baik naik- turun maupun tetap nya.

Bagaimana bisa melihat naik/ turunnya harga Logam Mulia terupdate di Indonesia?

           Website resmi PT. Aneka Tambang bisa dilihat di www.logammulia.com
           Instagram Resmi PT.Aneka Tambang bisa dilihat di @antamlogammulia

Pada website resminya terdapat pula berbagai artikel yang recommended untuk dibaca guna memperluas wawasan kita seputar LM maupun dinar dirham. Sedangkan untuk media social nya biasanya digunakan untuk sharing info berbagai promo maupun event (pameran,dll) yang di adakan oleh PT. Aneka Tambang.  

Bagaimana bisa mengetahui naik/ turunnya harga Emas Dunia?

Bisa diakses melalui beberapa situsnya, antara lain :

Apakah harga yang tertera di web Antam itu harga bersih/akhir?

Harga yang tertera pada website PT.Aneka Tambang dihalaman pertama maupun yang sering di share pada akun media sosialnya merupakan harga pabrik Pulogadung. Apabila akan melakukan transakti di beda tempat/ kota atau butik lain selain Butik Pulogadung maka terdapat selisih harga sekitar Rp. 9.000 / gram nya (pada web nya bisa dilihat harga berdasarkan kota/ masing-masing butik).

Harga tersebut juga belum termasuk pajak, dimana pajak dengan NPWP sebesar 0,45% dari nilai transaksi dan tanpa NPWP sebesar 0,9% dari nilai total transaksi.

Dengan mengetahui hal tersebut, bahwa harga yang tertera pada website resmi PT.Aneka Tambang belum termasuk selisih harga per daerah  dan belum termasuk pajak, sehingga apabila kita bandingkan dengan harga toko emas maupun reseller/ distributor didaerah terdekat kita terdapat selisih harga yang lumayan cukup jauh.

Apabila kita bandingkan bisa jadi lebih murah membeli melalui reseller/ distributor terpercaya ataupun toko emas lokal daripada membeli di butik resmi ANTAM dengan tambahan pajak dan belum lagi ongkos kirim.

Kamu sendiri selama ini lebih memilih investasi LM yang ‘merk’ apa?

Saya investasi LM ANTAM, Semar dan EOA.

Apa kelebihan dan kekurangan dari ketiganya?

Untuk perbedaan ANTAM dan Semar sudah pernah Saya bahas ditulisan sebelumnya.

Secara singkat LM Antam walaupun harga relative lebih mahal dibanding LM Semar namun untuk penjualan (baik ke toko maupun ke perorangan) lebih mudah karena tingkat kepercayaan masyarakat tergolong paling tinggi ke LM Antam.

LM Semar memiliki harga beli yang lebih murah/ rendah dibanding LM Antam. Selisih harga beli dan buyback nya pun rendah, sehingga untuk investasi jauh lebih menguntungkan. Namun LM Semar toko/ gerai nya terbatas hanya dibeberapa kota saja. Selain itu peminatnya tergolong lebih rendah juga.

Jadi apabila akan dijual kembali kepada perorangan tidak lebih mudah dibanding LM Antam.

Untuk informasi update harga bisa dilihat di www.semar.co.id

Untuk LM EOA kalo saya mengetahui LM ini sejak launching produk pertama kali di November 2019. LM EOA sebagian hasil penjualan nya oleh Pusat dikelola untuk wakaf, dan pemberdayaan berbagai macam usaha kecil menengah. Sehingga laba dari hasil jual beli LM ini dari, oleh dan untuk umat.

Dengan spread harga beli dan buybacknya yang rendah dan harga beli yang hampir sama dengan harga yang tertera di website Antam, LM EOA menjadi salah satu LM yang saya lirik untuk dijadikan produk investasi.

Namun kelemahannya LM ini hanya bisa didapat dari reseller/ Agen di kota terdekat (setipe dengan LM Minigold). Untuk informasi persebaran agen dan update harga nya bisa dilihat di www.eogold.id

Bagaimana cara menyimpan LM yang aman?

Transaksi LM dapat dilakukan dalam wujud fisik maupun non-fisik.

Wujud fisik berarti kita membeli LM dan menerima barang nya secara fisik, kemudian bisa kita simpan dirumah. Namun untuk LM ukuran besar dan dirasa penyimpanan dirumah tidak aman kita bisa menyewa brankas di bank untuk melakukan penyimpanan LM yang kita miliki.

Transaksi LM fisik ini seperti yang telah kita ulas dipembahasan artikel ini. Bisa dibeli di Toko toko emas lokal, butik resmi Antam maupun reseller dari masing-masing produk.

Wujud non- fisik berarti kita membeli LM namun tidak memegang bentuk fisiknya. Seperti ketika kita menabung uang di bank namun nilainya dalam bentuk LM, sehingga setoran dan pengambilan berdasarkan harga emas/ LM saat kita melakukan transaksi.

Metode ini bisa menjadi pilihan apabila seseorang merasa tidak aman menyimpan LM bentuk fisik dan kebingungan dimana menyimpan LM bentuk fisik. Jadi semacam kita membeli LM namun kita titipkan di tempat kita membeli LM tersebut.

Harga LM non- fisik rata-rata cenderung lebih murah daripada harga LM fisik, dan apabila sewaktu- waktu kita akan mencetak LM kita secara fisik maka akan dikenakan biaya tambahan untuk biaya cetak LM.

Transaksi ini bisa kita lakukan di banyak tempat seperti di aplikasi Tamasia, Lakuemas, Pegadaian, dan PT. Antam sendiri menyediakan layanan seperti ini yang disebut dengan Brankas Antam.

Selain itu bisa juga transaksi di Bukalapak dengan pilihan menu Bukaemas, dan masih banyak tempat transaksi lainnya. Dimana tabungan kita/ uang kita akan dikonversi dalam emas/ LM dan penarikan juga disesuaikan dengan harga LM saat kita melakukan transaksi.

Dikota ku adanya toko emas biasa (kecil) dan toko emas Semar, apakah bisa membeli LM Antam?

Sejauh yang saya tahu bisa. Di toko emas Semar Nusantara menyediakan berbagai macam LM, salah satunya LM Antam.

Apa perbedaan membeli LM Antam di butik resmi Antam dan di Toko Emas lainnya?

Jika kita membeli LM Antam di butik resmi Antam maka harga yang tertera masih ditambah dengan pajak, yaitu sebesar 0,45% dari nilai transaksi jika kita menggunakan NPWP dan sebesar 0,9% jika kita tidak menggunakan NPWP.

Namun jika kita melakukan pembelian di toko emas, rata-rata harga yang tertera sudah tidak ditambah pajak dan yang lainnya lagi (harga sudah pas sesuai yang dipublish). Sehingga terkesan harga di toko emas biasanya lebih mahal daripada harga yang tertera di web resmi Antam.

Untuk perbedaan pembelian LM Antam antara di butik Antam atau di toko emas yang berkaitan dengan buyback sudah dibahas pada pertanyaan yang lain (dibawah) ya.

Apakah LM Antam yang kita beli ditoko emas bisa dijual di butik Antam resmi?

Bisa, Saat itu pernah saya tanyakan hal tersebut kepada CS butik Antam. Dan jawabannya adalah transaksi buyback LM Antam dibutik resmi Antam tidak memerlukan nota (pada saat) pembelian.

Namun apabila kita membeli LM Antam di butik resmi Antam kemudian kita jual ke toko emas lokal biasanya akan dihargai lebih murah, karena toko emas hanya mau memberi harga buyback lebih tinggi dengan nota pembelian dari toko tersebut.

Lagi- lagi tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis ya, jika ada hal yang tidak tepat mohon dikoreksi.

Apa saja yang akan kita peroleh saat membeli LM Antam?

Jika LM Antam kemasan lama (belum press) yang kita dapatkan adalah LM Antam dalam kemasan dan sertifikat Antam, serta nota pembelian (optional tergantung pembelian dimana).

Namun LM Antam kemasan baru (press) yang kita dapat adalah LM Antam fisik (yang sudah memiliki kode dan barcode dalam kemasan) dan nota pembelian (optional).

gambar ANTAM kemasan lama                                      gambar ANTAM kemasan baru

Bagaimana cara mudah mengetahui keaslian LM bagi orang awam?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah LM kita asli atau palsu, diantara yaitu:

  • Memperhatikan dengan seksama bagian fisik dari LM tersebut.

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu bisa dilihat dari fisiknya. Kita bisa melihat tanda-tanda khusus yang biasanya ada di emas batangan/ LM. Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut.

Sumber gambar : indogold.id
Sumber gambar : indogold.id
  • Berubah atau tidaknya warna saat dilakukan penggosokan

Kita bisa melakukan pengecekan dengan cara menggosokkan bagian emas/ LM pada telapak tangan atau telunjuk kita. Jika setelah dilakukan penggosokan tidak ada perubahan warna sama sekali berarti emas/ LM terebut asli. Namun jika terdapat perubahan warna/ menjadi pudar maka emas tersebut palsu.

  • Menguji keaslian emas dengan digigit

Semakin tinggi kadar karatnya maka emas akan semakin lunak. Sehingga apabila kita akan mengecek asli/ tidaknya emas tersebut kita bisa menggigitnya. Jika terdapat bekas gigitan maka dapat dipastikan emas tersebut asli.

Namun metode ini tidak terlalu dianjurkan karena bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah. Sedangkan logam timah juga termasuk golongan logam lunak.

  • Mendekatkan emas/ LM dengan magnet

Sifat dasar emas adalah non-magnetis, itu berarti jika kita dekatkan dengan magnet maka tidak akan ada gaya Tarik-menarik. Namun meskipun demikian ini juga bukan metode yang dengan mudahnya bisa dipercaya begitu saja, karena ada banyak logam lainnya yang memiliki sifat non-magnetis.

  • Menggoreskan emas/ LM di keramik atau kertas

Apabila emas digoreskan di keramik atau kertas tidak menyisahkan bekas, maka berarti emas tersebut asli. Tidak adanya goresan berarti menandakan bahwa emas ini asli. Namun teknik ini bisa mengakibatkan kerusakan pada emas.

  • Dengan menetekan cairan asam

Metode ini banyak digunakan oleh pada pedagang emas ditoko emas.

Jika setelah ditetesi cairan asam nitram kemudian emas tersebut berubah warna menjadi warna hijau berarti logam ini adalah besi yang diberi lapisan emas. Kedua yaitu Jika berubah jadi warna kuning berarti logam ini adalah kuningan yang diberi lapisan emas.

Yang Ketiga jika berubah warna menjadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Sedangkan jika tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli.

  • Mengecek ke butik LM atau toko emas terdekat

Metode ini lebih simple dan terpercaya untuk mengetahui keaslian emas kita.

  • Menggunakan aplikasi certieye

Metode ini bisa digunakan untuk LM Antam kemasan terbaru. Kita bisa mengecek keaslian LM Antam dengan mudah lewat smartphone mellui aplikasi CertiEye.

Pertama kita bisa download aplikasi certieye di playstore.  Kemudian  membuka aplikasi certieye.

tampilan aplikasi certieye antam
tampilan aplikasi certieye antam

Selanjutnya kita scan barcode yang ada di balik kemasan LM Antam kemasan terbaru.

Jika cek sertifikat LM Antam yang ada pada CertiCard berhasil, maka tampilannya kurang lebih seperti ini:

hasil certieye
hasil certieye

Apabila cek sertifikat LM Antam yang ada pada CertiCard mengalami masalah misalnya dipalsu atau kode disalin dari CertiCard dari bungkus emas yang lain, maka tampilannya kurang lebih seperti berikut:

hasil scan certieye LM palsu
hasil scan certieye LM palsu

Informasi lebih lengkap mengenai penggunaan certieye bisa dibaca di https://www.logammulia.com/id/news/yuk-berkenalan-dengan-teknologi-certieye-di-emas-batangan-antam-logam-mulia-

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.