Pulau Weh, titik Nol Kilometer Indonesia.

Pulau weh dan sekitarnya

Saat kecil kita diajarkan untuk mengenal Indonesia dari nyanyian dengan sajak, “dari Sabang sampai Merauke berjajar Pulau-Pulau, sambung menyambung menjadi  Satu, itulah Indonesia”.

Rute sabang-merauke google maps

Dari SABANG sampai MERAUKE. Sabang merupakan nama Kota di ujung utara Provinsi Aceh, sedangkan Aceh sendiri merupakan Provinsi di ujung Utara-ujung Barat dari Indonesia. Merauke merupakan Kabupaten paling selatan dari Provinsi Papua yang berbatasan darat dengan Papua Nugini. Papua sendiri merupakan Provinsi di ujung Timur Indonesia.

Tugu Nol Kilometer Indonesia

Jika Merauke berbatasan darat dengan negara tetangga, Papua Nugini. Berbeda dengan Kota Sabang yang terdiri dari kepulauan, dikelilingi oleh lautan. Berbatasan dengan Selat Malaka di Utara dan Timur, Samudera Hindia di Selatan dan Barat. Berbatasan langsung (melalui laut) dengan Malaysia, Thailand dan India.  Kota Sabang terdiri dari 5 Pulau, yaitu Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Weh. Dan Pulau Weh merupakan pulau terbesar (seluas 156,3 km2). Di Pulau ini pula terdapat bangunan NOL KILOMETER INDONESIA sebagai simbol titik ujung Barat Indonesia.

Bagaimana cara menuju Pulau Weh?

  1. Jakarta – Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh)

Berasal darimanapun asal Anda kita ambil contoh dari Jakarta (dengan rute penerbangan terbanyak di Indonesia). Tiket dari Jakarta menuju Aceh sekitar 600ribu rupiah. Anda bisa memperoleh harga tiket lebih murah maupun lebih mahal dari harga tersebut tergantung dari pilihan maskapai dan waktu penerbangan.

Bandara Sultan Iskandar Muda 

  1. Bandara Sultan Iskandar Muda – Pelauhan Ulee Lheue

Bandara Sultan Iskandar Muda masuk di Kabupaten Aceh Besar, sedangkan Pelabuhan Ulee Lheue terletak di Kabupaten Banda Aceh.  Kedua nya memiliki jarak 20 km yang dapat ditempuh sekitar  1 jam  dengan roda empat maupun roda dua.

Dari Bandara Sultan Iskandar Muda kamu bisa menggunakan taksi, damri, becak motor dan labi-labi (kendaraan khas Aceh) untuk menuju Pelabuhan Ulee Lheue.

Labi-labi, kendaraan khas Aceh

Pelabuhan Ulee Lheue merupakan pelabuhan besar yang menghubungkan Banda Aceh dengan pulau- pulau kecil yang masuk di Provinsi Aceh maupun dengan daerah diluar Aceh (seperti Medan dan Riau). Memiliki luas sekitar 8 Ha yang terdiri dari bangunan utama berupa terminal penumpang, kemudian lahan parkir, dermaga kapal cepat, dermaga kapal ferry, kolam pelabuhan dan lain sebagainya.

Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh

Biaya yang diperlukan dari Bandara menuju pelabuhan berkisar dari 20.000 – 100.000 Rupiah tergantung jenis transportasi yang digunakan dan hasil tawar menawar.

  1. Pelauhan Ulee Lheue – Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh

Dari pelabuhan Uleu-Lheue menuju Pulau Weh terdapat 2 jenis kapal cepat  dan kapal lambat (Kapal Ferry).  Jadwal  Kapal Ferry setiap harinya berangkat pada pukul 08.00 WIB, 11.00 WIB dan 16.00 WIB dengan harga tiket 25.000 Rupiah. Perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam.

Sedangkan untuk kapal cepat memiliki jadwal keberangkatan 2 kali dalam sehari yaitu pukul 08.00 WIB dan 14.30 WIB dengan harga tiket 85.000 dan waktu tempuh 45 menit.

Kapal Ferry menuju Pulau Weh, Sabang

Kapal Cepat menuju Pulau Weh, Sabang.

Jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu, misal disela-sela perjalanan dinas/kantor hanya memiliki 1 hari dan ingin berkunjung ke Pulau Weh, kamu dapat memilih berangkat jam 08.00 dengan kapal cepat dan kembali ke Banda Aceh dengan kapal lambat pukul 16.00 sehingga kamu memiliki sekitar 7 jam untuk menikmati pesona keindahan Pulau Weh yang sulit digambarkan dengan kalimat.

Wisata Pulau Weh

Beberapa hal menarik dari Pulau Weh:

  1. Tugu Nol KM

Di Pulau Weh kamu akan menemukan monumen yang berisi koordinat Nol Km. Titik yang dinobatkan menjadi ujung barat Indonesia.

Posisi Geografis Kilometer Nol Indonesia

  1. Sertifikat

Bagi pengunjung yang pernah menginjakkan kaki di Monumen Nol Km akan mendapatkan serifikat dari dinas periwisata Nangroe Aceh Darussalam. Dalam sertifikat tersebut tertuliskan nama pengunjung dan Angka.  Angka tersebut menunjukkan Kamu menjadi pengunjung ke berapa (yang tercatat di dinas Pariwisata)

Contoh sertifikat pengunjung Km Nol

  1. Wisata Bawah Laut

Wisata Bawah Laut dengan keanekaragaman hayatinya

Wisata Bawah Laut dengan menyelam (Diving)

  1. Wisata lainnya

  • Pantai Anoi Itam
  • Danau Aneuk Laot
  • Pantai Sumur Tiga
  • Air Terjun Pria Laot
  • Pantai Gapang
  • Pantai Iboih
  • Pulau Rubiah
  • Monkey Road
  • Pemandian air panas Keuneukai

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.